Pages

Minggu, 15 Desember 2013

Cir-Ciri permainan Blues



Cir-Ciri permainan Blues - Selamat malam para pecinta musik , semoga semua sehat yah...hehe. tau gak , kali ini gw ingin buat Artikel tentang Blues, kebetulan gendre musik kesukaan gw tuh Blues. Alasannya sih simple aja, Blues Make me feel so Good ( kira2 bahasa inggrisnya tepat yah?hahah)..
Ok bicara tentang Blues Harmony, apa yang dikenal dengan nama Blues Scale itu baru separuh dari apa yang dipakai dalam bermain Blues, separuhnya lagi adalah Mixolydian, jadi gabungan antara Mixolydian dengan Blues Scale itulah yang dipakai oleh semua pemain Blues asli dari daratan Amerika sono sejak zaman dahulu sampai sekarang, sebelum negara api pun menyerang (Avatar kali...haha)
                Kalau dijabarkan pada kunci A, maka semua not itu adalah A B C C# D Eb E F# G dan balik ke A, kalu dilihat maka terdapat kromatik mulai dari 2 (B) step by Step sampai 5 (E) dan pada musik Jazz ditambahkan lagi kromatik mulai dari 6 (F#) step by step sampai 8 (A). jadi pada Be-Bop Scale terdapat tambahan satu not lagi sebagai  passing not yaitu G# menuju ke A, yang sekali lagi hanya berfungsi sebagai not numpang lewat alias passing Tone.
                Jadi kalo diperhatikan maka kurang dua not saja maka scale ini telah menjadi kromatik Scale yang sesungguhnya, kurang setengah step saja diantara 1 dengan 2 dan 5 dengan 6....nah, tapi oleh charlie parker ditambahkan lagi kedua not yang kurang tersebut kedalam permainannya,
12 Tone Chromatic :
Parker selalu menambahkan not b9 (diantara 1 dengan 2) dan Aug 5 (antara 5 dengan 6) selalu didalam permainan-nya, selalu...berarti semua nada dalam kromatik 12 Tone itu telah terpakai semua didalam Bluesnya parker...semua nada diseluruh fretboard anda itu terpakai semuanya.
nah ! lantas gimana bikin masuk akal pemakaian semua 12 not dalam musik itu dibuat nge-Blues?
jawabannya  adalah bermain secara struktural Chord Tones, mengetahui not mana yang cocok bagi chord yang terjadi dibawahnya...bermain Chord Tones.

Repetisi Tanya Jawab : Call and Response
               
                Sebagai dasar anda boleh memakai  gabungan antara Mixolydian dengan Blues Scale, ini sebagai daging dari semua harmonisasi yang bisa anda pakai didalam musik Blues, misalnya jika anda dituntut untuk membuat harmony 4 parts seperti dalam Southern Gospel Choir...tetapi anda wajib tau bahwa phrasing dari Blues selalu merupakan Tanya Jawab, Call and Response, tidak pernah berupa tangga nada.

                selalu phrasing dengan pengulangan motif atau repetisi, satu bertanya lainnya menjawab sehingga terjadi Counter-point. pemakaian tangga nada secara “Scalar” hampir tidak pernah dilakukan.

Wailing : Bending

phrasing pendek memakai  4 atau 5 nada secara tanya jawab berulang 2 lantas dilakukan Variasi dari Tema, serta ditambahkan dengan : Wailing (meraung-meratap-melolong).

Wailing : ini adalah esensial Blues, tanpa ini tidak ada Blues, wailing terjadi pada not b3 (minor) dan M3 (Major) yang dibending atau slide, juga pada not 6 ke b7....tetapi pada Gitar oleh Albert King ini dilakukan lebih bervariasi sampai pada Not2 lainnya. Albert King melakukan Bending memakai semua nada2 kromatik step by step seperti yang telah dijabarkan diatas. Bending dilakukan mulai not 2 step by step sampai 5 lalu mulai 5 step by step sampai b7 dan b7 bending ke root sebagai resolusi, titik dari konversasi.
Bending atau Wailing adalah esensial dalam Blues dan yang terjadi adalah permainan not microtonal  diantara wilayah m3 (Minor) dan M3 (Major) membuat batasan antara Major dan Minor jadi kabur ambiguous tidak jelas. ini esensi Blues yang terus2an  bikin Blank orang2 Klasik.

So ? mau main Blues...wajib nge-bending dan nge-wailing secara tanya jawab sepanjang malam, macam serigala melolong, Howling Wolf. kalau bernyanyi maka ditambahkan lagi dengan yang namanya : Growling, Growling hanya dipakai sekali-kali buat aksen, tidak untuk terus menerus.

paralel :

mana lagi Blues selalu memakai pola paralel dimana hal ini selalu dihindari di musik klasik, karena selalu dihindari maka semua praktisi Musik Klasik tidak pernah tau caranya bermain paralel.
contoh musik Robert Johnson selalu paralel, Chord bergeser sama turun setengah2 step menuju chord berikut sementara satu not tetap diam ditempat. Turn Around atau bagian musik pada Bar ke 12 saat Blues berputar kembali ke awal itu hampir semua berbentuk paralel Harmony.

Contoh paralel lagi adalah Intro dari Hendrix Red House dimana chord Dom7 turun setengah step kebelakang dan naik lagi...itu klasik diambil dari robert Johnson. memakai prinsip ini maka semua chord dalam Blues bisa didatangi atau di approach dari setengah step sebelum atau sesudahnya. mendatangi chord A7 dari G#7 resolusi ke A7 ataupun dari Bb7 masuk ke A7...itu hal yang umum di Blues.

Clashing antara Minor dan Major :

di sini blues musik bermain, wilayah tak bertuan, tabrakan diantara m3 dan M3 yang membuat semua teori musik klasik jungkir balik...belum lagi meng0analisa chord progresi standard Rock N’ Roll yang semua chordnya Dominant 7...itu belum bisa diakomodir oleh teori musik klasik.

memakai analisa klasik untuk improvisasi diatas progresi Blues akan menghasilkan Blues yang sucked gak jelas juntrungan-nya. pada chord I main Mixolydian dan pada chord IV7 kembali pindah ke IV mixolydian, etc...ini akan menghasilkan permainan yang buruk rupa...tetapi benar secara teori msuik klasik...harap disadari bahwa apa yang dilihat oleh teori klasik bukanlah apa yang dimaksud oleh Blues...dan semuanya terbukti dari bunyi yang dihasilkan para pemain Blues.

Blues adalah fenomena dalam teori musik klasik yang pada akhirnya diterima begitu saja tanpa mau dianalisa lagi asal muasalnya memakai satu set sistem analisa musik klasik, sudah capek mereka ber-rasionalisasi karena memang tidak bisa ter-akomodir didalam situ, ini satu hal yang lain sama sekali.

penutup :
Main chord buat Blues pada posisi root boleh main major triad saja, tetapi pada posisi IV dan V wajib main chord dominant 7...buat Blues dan Rock, Cukup dominan biasa. untuk Jazz berikan ekstensi natural seperti 9 dan 13 kecuali pas disaat akan pindah chord dimana drum nge-fill, di situ boleh beri ekstensi Altered sebentar. dan saar pindah ke V boleh beri Altered biasanya #9 dan tentunya setelah itu ada Turn Around, sekuens Chord buat putar balik keawal lagi. koleksi turn around ini wajib punya banyak agar tidak terus2an main Turn Around itu2 saja.
Main Lead : pada posisi Root boleh main Blues gabung Mixolydian, pas sebelum pindah ke IV pada Bar no. 4 beri jembatan bareng fill Drum, biasanya suatu pola 251 yang resolusi ke IV pada posisi IV paling keren beri warna Major jangan Blues, Major akan berbunyi lebih keren saat berada pada posisi IV. Kemudian pada posisi V maka silahkan nge-shredd Blues Scale dengan semua Lick2 Repatitiv yang ada dibuku, suka-suka, go to Town...juga lick2 Turn Around dibar ke 12.


10 komentar:

  1. keren gan infonya, ngomong2 ada musik jazz g? (hehe ane lagi suka musik jazz gan)

    BalasHapus
  2. makasih gan ,ane mau coba ah ..

    BalasHapus
  3. wahh keren nih lagu" blues..
    semua blog'a membahas tentang genre blues nih..
    keep blogging gan, keren nih dilengkapin cara main'a :D

    BalasHapus
  4. hehehehehe mksih gan, smoga bermanfaat...!!

    BalasHapus
  5. suka banget sama lagu blues gan :D
    kerennn

    BalasHapus
  6. wah gak tahu aku kalau masalah ini, terus berkarya bro,,

    BalasHapus
  7. Wah permainan blues sangat sulit bagi pemain gitar pemula. Jika tertarik belajar gitar silahkan cari chord gitar di chordbase.id

    BalasHapus