Cir-Ciri permainan Blues - Selamat
malam para pecinta musik , semoga semua sehat yah...hehe. tau gak , kali ini gw
ingin buat Artikel tentang Blues, kebetulan gendre musik kesukaan gw
tuh Blues. Alasannya sih simple aja, Blues Make me feel so Good ( kira2 bahasa
inggrisnya tepat yah?hahah)..
Ok bicara tentang Blues Harmony, apa yang dikenal dengan
nama Blues Scale itu baru separuh dari apa yang dipakai dalam bermain Blues, separuhnya
lagi adalah Mixolydian, jadi gabungan antara Mixolydian dengan Blues Scale
itulah yang dipakai oleh semua pemain Blues asli dari daratan Amerika sono
sejak zaman dahulu sampai sekarang, sebelum negara api pun menyerang (Avatar
kali...haha)
Kalau
dijabarkan pada kunci A, maka semua
not itu adalah A B C C# D Eb E F# G dan
balik ke A, kalu dilihat maka terdapat kromatik mulai dari 2 (B) step by
Step sampai 5 (E) dan pada musik Jazz ditambahkan lagi kromatik mulai dari 6
(F#) step by step sampai 8 (A). jadi pada Be-Bop Scale terdapat tambahan satu
not lagi sebagai passing not yaitu G#
menuju ke A, yang sekali lagi hanya berfungsi sebagai not numpang lewat alias passing
Tone.
Jadi
kalo diperhatikan maka kurang dua not saja maka scale ini telah menjadi
kromatik Scale yang sesungguhnya, kurang setengah step saja diantara 1 dengan 2
dan 5 dengan 6....nah, tapi oleh charlie parker ditambahkan lagi kedua not yang
kurang tersebut kedalam permainannya,
12 Tone Chromatic :
Parker selalu menambahkan not b9 (diantara 1 dengan 2) dan
Aug 5 (antara 5 dengan 6) selalu didalam permainan-nya, selalu...berarti semua
nada dalam kromatik 12 Tone itu telah terpakai semua didalam Bluesnya parker...semua
nada diseluruh fretboard anda itu terpakai semuanya.
nah ! lantas gimana bikin masuk akal pemakaian semua 12
not dalam musik itu dibuat nge-Blues?
jawabannya adalah
bermain secara struktural Chord Tones, mengetahui not mana yang cocok bagi
chord yang terjadi dibawahnya...bermain Chord Tones.
Repetisi Tanya
Jawab : Call and Response
Sebagai dasar anda boleh
memakai gabungan antara Mixolydian dengan
Blues Scale, ini sebagai daging dari semua harmonisasi yang bisa anda pakai
didalam musik Blues, misalnya jika anda dituntut untuk membuat harmony 4 parts
seperti dalam Southern Gospel Choir...tetapi anda wajib tau bahwa phrasing dari
Blues selalu merupakan Tanya Jawab, Call and Response, tidak pernah berupa
tangga nada.
selalu
phrasing dengan pengulangan motif atau repetisi, satu bertanya lainnya menjawab
sehingga terjadi Counter-point. pemakaian tangga nada secara “Scalar” hampir
tidak pernah dilakukan.
Wailing : Bending
phrasing pendek memakai
4 atau 5 nada secara tanya jawab berulang 2 lantas dilakukan Variasi
dari Tema, serta ditambahkan dengan : Wailing (meraung-meratap-melolong).
Wailing : ini adalah esensial Blues, tanpa ini tidak ada
Blues, wailing terjadi pada not b3 (minor) dan M3 (Major) yang dibending atau
slide, juga pada not 6 ke b7....tetapi pada Gitar oleh Albert King ini
dilakukan lebih bervariasi sampai pada Not2 lainnya. Albert King melakukan
Bending memakai semua nada2 kromatik step by step seperti yang telah dijabarkan
diatas. Bending dilakukan mulai not 2 step by step sampai 5 lalu mulai 5 step
by step sampai b7 dan b7 bending ke root sebagai resolusi, titik dari konversasi.
Bending atau Wailing adalah esensial dalam Blues dan yang
terjadi adalah permainan not microtonal
diantara wilayah m3 (Minor) dan M3 (Major) membuat batasan antara Major
dan Minor jadi kabur ambiguous tidak jelas. ini esensi Blues yang terus2an bikin Blank orang2 Klasik.
So ? mau main Blues...wajib nge-bending dan nge-wailing
secara tanya jawab sepanjang malam, macam serigala melolong, Howling Wolf.
kalau bernyanyi maka ditambahkan lagi dengan yang namanya : Growling, Growling
hanya dipakai sekali-kali buat aksen, tidak untuk terus menerus.
paralel :
mana lagi Blues selalu memakai pola paralel dimana hal
ini selalu dihindari di musik klasik, karena selalu dihindari maka semua praktisi
Musik Klasik tidak pernah tau caranya bermain paralel.
contoh musik Robert Johnson selalu paralel, Chord
bergeser sama turun setengah2 step menuju chord berikut sementara satu not tetap
diam ditempat. Turn Around atau bagian musik pada Bar ke 12 saat Blues berputar
kembali ke awal itu hampir semua berbentuk paralel Harmony.
Contoh paralel lagi adalah Intro dari Hendrix Red House dimana
chord Dom7 turun setengah step kebelakang dan naik lagi...itu klasik diambil
dari robert Johnson. memakai prinsip ini maka semua chord dalam Blues bisa
didatangi atau di approach dari setengah step sebelum atau sesudahnya.
mendatangi chord A7 dari G#7 resolusi ke A7 ataupun dari Bb7 masuk ke A7...itu
hal yang umum di Blues.
Clashing antara
Minor dan Major :
di sini blues musik bermain, wilayah tak bertuan,
tabrakan diantara m3 dan M3 yang membuat semua teori musik klasik jungkir balik...belum
lagi meng0analisa chord progresi standard Rock N’ Roll yang semua chordnya
Dominant 7...itu belum bisa diakomodir oleh teori musik klasik.
memakai analisa klasik untuk improvisasi diatas progresi
Blues akan menghasilkan Blues yang sucked gak jelas juntrungan-nya. pada chord
I main Mixolydian dan pada chord IV7 kembali pindah ke IV mixolydian, etc...ini
akan menghasilkan permainan yang buruk rupa...tetapi benar secara teori msuik
klasik...harap disadari bahwa apa yang dilihat oleh teori klasik bukanlah apa
yang dimaksud oleh Blues...dan semuanya terbukti dari bunyi yang dihasilkan para
pemain Blues.
Blues adalah fenomena dalam teori musik klasik yang pada
akhirnya diterima begitu saja tanpa mau dianalisa lagi asal muasalnya memakai
satu set sistem analisa musik klasik, sudah capek mereka ber-rasionalisasi
karena memang tidak bisa ter-akomodir didalam situ, ini satu hal yang lain sama
sekali.
penutup :
Main chord buat Blues pada posisi root boleh main major
triad saja, tetapi pada posisi IV dan V wajib main chord dominant 7...buat
Blues dan Rock, Cukup dominan biasa. untuk Jazz berikan ekstensi natural seperti
9 dan 13 kecuali pas disaat akan pindah chord dimana drum nge-fill, di situ
boleh beri ekstensi Altered sebentar. dan saar pindah ke V boleh beri Altered
biasanya #9 dan tentunya setelah itu ada Turn Around, sekuens Chord buat putar
balik keawal lagi. koleksi turn around ini wajib punya banyak agar tidak terus2an
main Turn Around itu2 saja.
Main Lead : pada posisi Root boleh main Blues gabung
Mixolydian, pas sebelum pindah ke IV pada Bar no. 4 beri jembatan bareng fill
Drum, biasanya suatu pola 251 yang resolusi ke IV pada posisi IV paling keren
beri warna Major jangan Blues, Major akan berbunyi lebih keren saat berada pada
posisi IV. Kemudian pada posisi V maka silahkan nge-shredd Blues Scale dengan
semua Lick2 Repatitiv yang ada dibuku, suka-suka, go to Town...juga lick2 Turn
Around dibar ke 12.
keren gan infonya, ngomong2 ada musik jazz g? (hehe ane lagi suka musik jazz gan)
BalasHapusmakasih gan ,ane mau coba ah ..
BalasHapuswahh keren nih lagu" blues..
BalasHapussemua blog'a membahas tentang genre blues nih..
keep blogging gan, keren nih dilengkapin cara main'a :D
hehehehehe mksih gan, smoga bermanfaat...!!
BalasHapuskeep share and posting gan...
BalasHapussuka banget sama lagu blues gan :D
BalasHapuskerennn
mampir bro.
BalasHapuswah gak tahu aku kalau masalah ini, terus berkarya bro,,
BalasHapuswah mantep ni gan..
BalasHapusWah permainan blues sangat sulit bagi pemain gitar pemula. Jika tertarik belajar gitar silahkan cari chord gitar di chordbase.id
BalasHapus