Pages

Kamis, 12 Desember 2013

Cara Teknik Picking Gitar

Cara Teknik Picking Gitar  -  Untuk memulai belajar gitar, sangat dianjurkan melatih teknik picking menjadi pembelajaran awal. Terutama menggunakan pick gitar. Karena kebanyakan bagi yang belajar gitar secara otodidak, yang langsung berlatih dengan chord, merasa lebih nyaman bermain gitar dengan tangan kosong (tidak menggunakan pick gitar), dan akan kesulitan pada saat diminta bermain gitar menggunakan pick. Sebenarnya tidak ada paksaan bermain gitar menggunakan pick gitar, tapi menggunakan pick gitar dengan baik dan rapi adalah langkah awal bermain gitar menuju tingkat expert, khusus nya bagi yang ingin belajar melodi gitar elektrik.
Bagi yang sudah terbiasa menggunakan pick gitar, akan merasa lebih nyaman dan lebih mudah dalam bermain speed dibanding dengan tangan kosong. Lain halnya dengan gitar klasik yang  menggunakan tangan kosong, dan memetik gitar dengan semua jari kanan. Tapi materi kali ini akan dibahas untuk gitar elektrik terlebih dahulu.

            Pertama, dimulai dari cara memegang pick gitar. Peganglah pick antara jempol dan telunjuk kanan (cara memegang yang biasa banyak digunakan oleh gitaris). Lain hal nya dengan James Hetfield yang memegang pick di antara jempol dan jari telunjuk disertai jari tengah yang membantu jari telunjuk nya memegang pick gitar. Tidak ada standar wajib memegang pick gitar. Pilihlah yang menurut anda paling nyaman.Disarankan pick tidak terlalu condong ke arah gitar, karena kemungkinan besar pick akan mudah terjatuh pada saat memetik.
Mari kita mulai latihan memetik.
            bagi yang belum mengetahui urutan senar, banyak yang menganggap senar no.1 itu senar yang paling atas. Tapi dalam gitar urutan senar dibalik, senar no.1 adalah senar yang paling bawah, dan diatas nya adalah senar no.2, dan seterus nya.
Tapi jika di gambar dalam Tablature atau sering juga disebut Tabulator (6 garis yang menggambarkan guitar fingerboard, garis teratas menunjukkan senar yang bernada paling tinggi, atau senar ke-1)



Angka - angka 0 tersebut adalah fret/kolom yang ditekan dengan tangan kiri. Jika angka tersebut angka 1, maka yang ditekan adalah kolom ke 1, dan seterusnya.
Karena materi untuk kali ini adalah melatih teknik picking, jadi tidak perlu menggunakan jari kiri terlebih dahulu.
Untuk latihan pertama, ikutilah Tablature di atas.
Petik mulai dari senar paling atas turun ke bawah dan kembali lagi ke atas masing - masing 2 kali.
Perlu diingat, biasakan memetik ke bawah dan ke atas (alternate picking).

Latihan ke 2
Petik mulai dari senar paling atas turun ke bawah dan kembali lagi ke atas masing - masing 3 kali.


Latihan ke 3
Petik mulai dari senar paling atas turun ke bawah dan kembali lagi ke atas masing - masing 4 kali.


Lakukanlah secara simultan (terus - menerus) naik turun dan usahakan tidak ada jeda pada saat perpindahan senar.
Mulailah dengan kecepatan lambat, jika sudah merasa nyaman dan bisa bermain rapi, kita bisa meningkatkan kecepatan sedikit demi sedikit.
Di anjurkan menggunakan bantuan metronome agar kecepatan picking kita stabil.

2 komentar:

  1. nice info, salam kenal semua....mohon izinkan saya berbagi link buat para gitaris yg ingin memperdalam permainan gitar dalam berbagai tehnik secara lengkap silahkan kunjungi juga www.gitarzoom.blogspot.com, thx

    BalasHapus
  2. Teknik picking gitar seperti ini sangat bermanfaat bagi yang ingin belajar gitar.. Jika tertarik kita bisa melihat kumpulan chord gitar chordbase.id

    BalasHapus